Minggu, 18 Maret 2012

LA LI-NAFYIL JINSI

"لا" النافية للجنس
A. PENGERTIAN
La an-nafiyatu lil-jinsi adalah:
التي تدلُّ على نفي الخبر عن الجنس الواقع بعدها على سبيل الاستغراق
Isim yang menunjukkan atas penafiyan jenis yang statusnya menjadi khobar, yang jatuh setelah “LA”. Contoh :
لا رجل في الدار
B. PENGAMALAN ("لا" النافيةِ للجنْسِ )
La an-nafiyatu lil-jinsi mempunyai pengamalan seperti “ إنّ “ Yaitu menashobkan isimnya serta merofa’kan khobarnya. Contoh : لا رجل في الدار
Hal tersebut berlaku jika memenuhi empat syarat berikut :
1. “La” disebutkan dalam Nash ditujukan untuk menafikan semua jenis yang ada. Contoh : لا طُلاَّبَ في المدرسة
Kata “لا“ menafikan semua siswa yang ada, tidak ada pengecualian sama sekali.
2. Isim dan khobarnya “La” berbentuk Nakiroh, contoh : لا سعيد في الدار
3. “La” dan isimnya tidak boleh dipisah. Contoh : لا في الدار رجل ولا امرأة
Maka “ La “ tidak beramal sesuai dengan pengamalannya.
4. “ La “ tidak boleh kemasukan huruf jer, contoh :
"سافرت بلا زاد"

C. Macam-macam Isim "لا" النافيةِ للجنس
Isimnya “ La “ terbagi menjadi tiga.
1) Isim Mufrod, yaitu isim yang tidak di mudlofkan pada yangl lain, baik berupa tasniyah, jama atau yg lainya. contoh :
 "لا رجلَ في الدار"
 ذلك الكتابُ لا رَيبَ
2) Berbentuk Mudlof, contoh :
 لا رجلَ سُوءٍ عندنا
 لا أخا جهلٍ مُكرَّمٌ
3) Berbentuk Syibhu Mudlof, contoh :
 "لا قبيحاً خُلقُه خاضرٌ"
 "لا مذموماً فعلُه عندنا"

D. Keadaan Isim dan Khobarnya “"لا" النافية للجنس
Beberapa keadaan isim dan khobarnya antara lain :
a) Isim “ La “ terkadang di buang, contoh : "لا عليكَ"
Yang asalnya : لا بأسَ، أو لا جناحَ عليك
b) Pada umumnya Khobarnya dibuang jika diketahui
c) Khobarnya jika tidak diketahui atau tidak jelas maka wajib disebutkan, contoh : "لا أحدَ أغيرُ من ال�$84ه"
d) Khobar “ La “ wajib Mufrod, artinya tidak boleh berbentuk jumlah atau syibhu jumlah. Contoh :
 "لا فقرَ أشدُّ من الجهلِ، ولا مال أعزُّ من العقل، من العُجبِ"

e)

E. Hukum “ La “ jika diulang-ulang
Jika ada “ La “ diulang-ulang maka terdapat beberapa hokum, diantaranya :
a. Semua dibaca nashob, berstatus Mabni, disamakan dengan amalan “إنَّ“ contoh : "لا حَولَ ولا قُوَّةَ إلا باللهِ"
b. Adakalanya dibaca rofa’ semuanya, disamakan dengan amalan “ليس“ contoh :"لا حولٌ ولا قوَّةٌ إلاّ بالله"
c. Yang pertama dibaca nashob dan yang kedua dibaca jer, contoh: "لا حولَ ولا قوَّةٌ إلاّ باللهِ"
d. Yang pertama dibaca rofa’ dan yang kedua dibaca jer, contoh : "لا حولٌ ولا قوةَ إلا باللهِ"
e. Yang pertama mabni fathah dan yang kedua dibaca nashob sebagai athof, contoh : "لا حولَ ولا قوةً إلاّ باللهِ"

F.

7 komentar:

  1. alhamdulillah cukup mudah difahami karena sudah berbentuk poin-poin

    BalasHapus
  2. Kalau kalimatnya

    At-thullabu LA yastati'uuna an yalbisu Al malabisa jayyidan

    Ini kenapa rofa' dan tidak mabni??

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena itu masuk ke fiil mudhori
      bukan ke isim

      Hapus
  3. Kalau kalimatnya

    At-thullabu LA yastati'uuna an yalbisu Al malabisa jayyidan

    Ini kenapa rofa' dan tidak mabni??

    BalasHapus
  4. Tolong dibenahi lagi gan.. salam ��

    BalasHapus
  5. ولا أحدٌ من الناس
    i'rob ahadunnya bagaimana min?

    BalasHapus