"لا" النافية للجنس
A. PENGERTIAN
La an-nafiyatu lil-jinsi adalah:
التي تدلُّ على نفي الخبر عن الجنس الواقع بعدها على سبيل الاستغراق
Isim yang menunjukkan atas penafiyan jenis yang statusnya menjadi khobar, yang jatuh setelah “LA”. Contoh :
لا رجل في الدار
B. PENGAMALAN ("لا" النافيةِ للجنْسِ )
La an-nafiyatu lil-jinsi mempunyai pengamalan seperti “ إنّ “ Yaitu menashobkan isimnya serta merofa’kan khobarnya. Contoh : لا رجل في الدار
Hal tersebut berlaku jika memenuhi empat syarat berikut :
1. “La” disebutkan dalam Nash ditujukan untuk menafikan semua jenis yang ada. Contoh : لا طُلاَّبَ في المدرسة
Kata “لا“ menafikan semua siswa yang ada, tidak ada pengecualian sama sekali.
2. Isim dan khobarnya “La” berbentuk Nakiroh, contoh : لا سعيد في الدار
3. “La” dan isimnya tidak boleh dipisah. Contoh : لا في الدار رجل ولا امرأة
Maka “ La “ tidak beramal sesuai dengan pengamalannya.
4. “ La “ tidak boleh kemasukan huruf jer, contoh :
"سافرت بلا زاد"
C. Macam-macam Isim "لا" النافيةِ للجنس
Isimnya “ La “ terbagi menjadi tiga.
1) Isim Mufrod, yaitu isim yang tidak di mudlofkan pada yangl lain, baik berupa tasniyah, jama atau yg lainya. contoh :
"لا رجلَ في الدار"
ذلك الكتابُ لا رَيبَ
2) Berbentuk Mudlof, contoh :
لا رجلَ سُوءٍ عندنا
لا أخا جهلٍ مُكرَّمٌ
3) Berbentuk Syibhu Mudlof, contoh :
"لا قبيحاً خُلقُه خاضرٌ"
"لا مذموماً فعلُه عندنا"
D. Keadaan Isim dan Khobarnya “"لا" النافية للجنس
Beberapa keadaan isim dan khobarnya antara lain :
a) Isim “ La “ terkadang di buang, contoh : "لا عليكَ"
Yang asalnya : لا بأسَ، أو لا جناحَ عليك
b) Pada umumnya Khobarnya dibuang jika diketahui
c) Khobarnya jika tidak diketahui atau tidak jelas maka wajib disebutkan, contoh : "لا أحدَ أغيرُ من ال�$84ه"
d) Khobar “ La “ wajib Mufrod, artinya tidak boleh berbentuk jumlah atau syibhu jumlah. Contoh :
"لا فقرَ أشدُّ من الجهلِ، ولا مال أعزُّ من العقل، من العُجبِ"
e)
E. Hukum “ La “ jika diulang-ulang
Jika ada “ La “ diulang-ulang maka terdapat beberapa hokum, diantaranya :
a. Semua dibaca nashob, berstatus Mabni, disamakan dengan amalan “إنَّ“ contoh : "لا حَولَ ولا قُوَّةَ إلا باللهِ"
b. Adakalanya dibaca rofa’ semuanya, disamakan dengan amalan “ليس“ contoh :"لا حولٌ ولا قوَّةٌ إلاّ بالله"
c. Yang pertama dibaca nashob dan yang kedua dibaca jer, contoh: "لا حولَ ولا قوَّةٌ إلاّ باللهِ"
d. Yang pertama dibaca rofa’ dan yang kedua dibaca jer, contoh : "لا حولٌ ولا قوةَ إلا باللهِ"
e. Yang pertama mabni fathah dan yang kedua dibaca nashob sebagai athof, contoh : "لا حولَ ولا قوةً إلاّ باللهِ"
F.
alhamdulillah cukup mudah difahami karena sudah berbentuk poin-poin
BalasHapusKalau kalimatnya
BalasHapusAt-thullabu LA yastati'uuna an yalbisu Al malabisa jayyidan
Ini kenapa rofa' dan tidak mabni??
karena itu masuk ke fiil mudhori
Hapusbukan ke isim
Kalau kalimatnya
BalasHapusAt-thullabu LA yastati'uuna an yalbisu Al malabisa jayyidan
Ini kenapa rofa' dan tidak mabni??
Mantaaap
BalasHapusTolong dibenahi lagi gan.. salam ��
BalasHapusولا أحدٌ من الناس
BalasHapusi'rob ahadunnya bagaimana min?