Minggu, 18 Maret 2012

NAKIROH MA'RIFAT

NAKIROH MA’RIFAT
A. NAKIROH
إِسمٌ دلَّ على غير مُعّينٍ
Adalah isim yang menunujukkan nama atau nisbat yang tidak tentu / tidak jelas, masih umum. Contoh :
رجلٍ وكتابٍ ومدينةٍ

B. MA’RIFAT
Ma’rifat adalah :
إِسمٌ دلَّ على مُعّينٍ
isim yang menunujukkan nama atau nisbat yang tertentu / jelas, terkhusus. Contoh :
عمرَ ودِمَشقَ وأنتَ
Isim ma’rifat ada tujuh macam :
1) Isim dlomir
Isim dlomir adalah isim yang menunjukan orang pertama, kedua atau ketiga ( مُتكلمٍ أو مخاطبٍ أو غائبٍ ).
Secara luas, isim dlomir terbagi menjadi 7 :
a. Dlomir Muttashil ( مُتَّصلٌ )
هو هما هم هي هما هن انت انتما انتم انت انتما انتن انا نحن
Artinya muttasil adalah karena ia selalu bersambung dengan amil atau fi’ilnya. Ada kalanya berbentu 9 dlomir : "التاءُ ونا والواوُ والألفُ والنونُ والكافُ والياءُ والهاءُ وها"
Contoh :
 "كتبا وكتبت وكتبوا وكتبْنَ"
 " كتَبْنا وتكتُبين واكتُبي"
 "أكرمني المعلم، وأكرَمَنا المعلمُ"
b. Dlomir Munfashil ( منفصلٌ )
• Posisinya ber’irob Rofa’ : "أنا ونحنُ وأنتَ وأنتِ وأنتما وأنتم وأنتنَّ وهو وهي وهما وهم وهُنَّ"
• "أنا مجتهدٌ، وما اجتهد إلاَّ أنا"
• Posisinya beri’rob Nashob : "إيايَ وإيانا وإياكَ وإياكِ وإياكما وإياكم وإياكنَّ وإياهُ وإياها وإياهما وإياهمْ وإياهنَّ"
c. Dlomir Bariz ( بارزٌ )
Dlomir bariz adalah dlomir yang mempunyai bentuk yang tampak dalam kalamnya, seperti ada dlomir ta’ , wawu, ya’ atau pun nun. contoh : "قمت" "كتبوا" "اكتبي" "يَقُمْنَ"
d. Dlomir Mustatir ( مستترٌ )
Dlomir Mustatir adalah dlomir yang tidak mempunyai bentuk dalam kalamnya. Mustatir ada kalanya :
• Secara Wujub : contoh :
 Dalam fi’il amar : "اكتُبْ" asalnya "اكتُبْ أنت"
 Dalam bentuk Mutakalim : "كأكتبُ، ونكتب"
 Dalam bentuk mudzakar mukhotob : "اكتُبْ، وتَكتبُ"

• Secara Jawaz , contoh :
 Dalam bentuk mufrod ghoib : عليٌّ كتبَ
 Dalam bentuk mufrod ghoibah : هندُ تَكتبُ

e. Dlomir Marfu’ ( مرفوعٌ )
Dlomir Marfu’ adalah dlomir yang berposisi sebagai rafa’, adakalanya sebagai mubtada’, khobar, fa’il, naibul fa’il, dan lain-lain. Contoh : قُمتَ، وقمتِ، وتَكتبان، وتكتبون
f. Dlomir Manshub ( منصوبٌ )
Yaitu isim dlomir yang diposisikan sebagai nashob, adakalanya sebagai maf’ul bih, dan yang lainnya. Contoh: "أكرَمتُكَ، وأكرَمتهنَّ، وإياكَ نعْبُدُ وإياكَ نستعين"
g. Dlomir Majrur ( مجرور )
Yaitu isim dlomir yang berposisi sebagai jer. Adakalanya sebagai mudlof ileh ada kalanya keasukan huruf jer, ontoh : "أحسِنْ تربيةً أولادك، أحسَنَ اللهُ إِليك"
2) Ism isyaroh
Isim isyaroh adalah ism yang menunjukkan satu nama yang jelas atau tertentu dengan lanaran isyarah indrawi semisal tangan atau yang lain sebagainya.
Adapun macam-macam isim isyaroh antara lain :
I. Berdasarkan Bentuknya, terbagi :
a. Mufrod mudzakkar contoh : "ذا"
b. Mufrod muannats, contoh : "ذِهْ وتِهْ"
c. Tasniyah mudzakkar, contoh : "ذانِ وَتْينِ"
d. Tasniyah muannats, contoh : "تانِ وتَيْنِ"
II. Berdasarkan jaraknya (tempatnya) :
a. Untuk jarak dekat : هُنا
b. Untuk jarak sedang/menengah : هُناك
c. Untuk jarak jauh :هنالك وثُمَّ
III. Yang berfungsi sebagai tanbih, :
• "هذا وهذه وهاتان وهؤلاء"
• "ذانِ و ذَيْنِ وتانِ وتَينِ وأولاءِ"

3) Isim maushul
Isim mausl adalah ism yang menunjukkan atas sesuatu yang tertentu dengan lantaran jumlah yang disebutkan setelahnya.
Isim maushul adadua macam :
a. Isim maushul khossoh :
Yaitu isim maushul yang disesuaikan dengan bentuk muqtdhol hal-nya, semisal :
• Mufrod mudzakkar, seperti (الذي) contoh : يُفح الذي يجتهدُ
• Tasniyah mudzakar, seperti (واللَّذان واللّذَينِ) contoh : اللذانِ يجتهدانِ
• Jama’ mudzakkar ‘aqil, seperti (الّذينَ) contoh : الّذين يَجتهدون
• Mufrod muanats, seperti (التي) contoh : تفلحُ التي تجتهد
• Tasniyah muanats, seperti (اللّتانِ واللّتَينِ) contoh : اللّتانِ تجتهدانِ
• Jama’ muanats, seperti (اللاّتي واللّواتي والّلائي) contoh : اللاّتي، أو اللّواتي، أو اللاّئي، يجتهدْنَ
b. Isim mausul musytarok :
Yaitu isim isyaroh yang lafadnya satu bentuk akan tetapi bisa digunakan untuk semua bagian di atas, diantaranya :
• "مَنْ" Digunakan untuk ‘aqil, contoh : "نجحَ مَن اجتهدَ، ومنِ اجتهدتْ، ومنِ اجتهدا، ومنِ اجتهدتا، ومنِ اجتهدوا، ومنِ اجتهدْن"
• "ما" Digunakan untuk contoh : "اركبْ ماشئتَ من الخيلِ، واقرأ من الكتب ما يفيدك نفعاً"
• "ذا وأيُّ وذُو" Digunakan untuk contoh :
• Digunakan untuk contoh :
 "من ذا فتح الشامَ؟"
 "ماذا فتحَ ابو عُبَيدةَ؟"
 "أكرِمْ أيَّهم أكثرُ اجتهاداً"
 "اركبْ من الخيل أيّها هو أقوى"
 "أكرمْ ذو اجتهدَ، وذو اجتهدتْ"

4) ‘Alam
Isim ‘alam adalah isim yang tertentu pada satu individu tertentu, bukan tertuju pada lainnya. Contoh : nama-nama orang, daerah, Negara, pegunungan, lautan, suku bangsa dll.
‘alam terbagi menjadi :
1. ‘alam Isim :
Adalah isim yang menunjukkan sebutan asli atas dzat-nya sendiri. Contoh : سعيد, زيد, عمرو
2. ‘alam Kunyah :
Adalah isim yang yang disebutkan sebagai pengganti pertama, atau dengan kata lain nama kedua dari dzatnya. Ciri khas-nya adalah di-embel-embeli kata “أب “ dan “ أمّ “ contoh : أبي الفضلِ, أُمَّ كلُثوم,
3. ‘alam Laqob :
Adalah adalah nama julukan yang dikenal dengan sebutan ketiga setelah kunyah. Contoh : زَينِ العابدين, رَّشيد
5) Isim yang ada “ أل “ nya
Semua isim yang kemasukan “al” contoh : الرجل والكتاب والفرَس
6) Isim yang dimudlofkan pada 5 isim di atas
Semua Isim nakiroh yang dimudofkan pada kalimat isim yang lain maka statusnya menjadi isim ma’rifat. Contoh :
 حملتُ كتابي
 كتابَ عليّ
 كتابَ هذا الغلام
 كتابَ الذي كان هنا
 وكتابِ الرَّجلِ"
7) Munada
Munada yang dimaksud disini adalah munada maqsudah. Artinya munada yang berbentu isimnakiroh akan tetapi tertuju atau tertentu pada yang disebutkan / yang dipanggil saja. Contoh : "يا رجلُ ويا تلميذُ"
C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar