Minggu, 18 Maret 2012

TERJEMAH IMRITHY


Text Box: 28
ظن واخواتها
144. اِنْصِبْ بِظَنَّ اْلمُبْتَدَا مَعَ الْخَبَر$  وَكُلُّ فِعْلٍ بَعْدَهَاعَلَى اْلاَثَرْ
Nashobkan mubtada’ khobar dengan َظنَّ 
 Serta jadikanlah maf’ul keduanya
145. كَـــخِلْتُهُ حَــسِبْتُهُ زَعَــــمْتُـهُ  $  رَاَيْتُهُ عَلِمْتُــــــــهُ وَجَدْتُـــــــهُ 
  خلته dan زعمته , حسبته   #
 علمته , وجدته , رايته 
146. جَـــعَلْــتُهُ اْتَـخَذْتُهُ  فِى كُلِّ مَا   $  مِنْ هَذِهِ صَرَفْتَــهُ فَلْـيُعْــلَمَـا
Laluجعلته   dan اتخذته  #
 Dan semua tasrifnya pun harus tahu
147. كَقَوْلِهِــمْ ظَنَنْتُ زَيْدًا مُنْجِـدًا  $  وَاجْعَلْ لَنَا هَذَا اْلمَكَانَ مَسْجِدًا
Contohظننت زيدا منجدا    juga  #
 اجعل لنا هذا المكان مسجدا

الحمدلله
Tidak ada yang sempurna di dunia ini
kecuali dengan kehendak-Nya

تم جزأ الاول من هذا الكتاب
ويليه ان شاْ الله جزأ الثانىText Box: 1
 
1.  اَلحْـَــمْدُلهِـ الَّــــــــذِى قَــــدْ وَفَقَ  $  لِلْعِلْمِ خَيْرَ خَــــــــلْقِهِ وَللِتُّقَى
Segala puji bagi Alloh yang Maha  #
 Penolong mahluq dengan ilmu dan taqwa
2.  حَتَّى نَحَتْ قُلُـــــــوْبــُهُمْ لِنَـــحْوِهِ $  فَمِنْ عَظِيْمِ شَأْنِهِ لَمْ تَــــــحْوِهِ 
Hingga hatinya menuju kepadaNya  #
 Tanpa dapat memuat kebesaranNya
3.  فَاُشْرِبَتْ مَعْنَى ضَمِيْرِ الشَّانِ  $  فَأُعْرِبَتْ فِى اْلحَانِ بِاْلاَلْحَانِ
Kalimat tauhid dimasukkan hatinya  #
 Lalu hati bergembira sepenuhnya
4.  ثُمَ الــصَّلا َ ةُ مَعْ سَـــلاَمٍ لاَئِـــــقِ  $ عَلَى النَّبِيِّ اَفْصَـــــــحِ اْلخَلاَئِقِ
Sholawat salam tercurah pada Nabi  #
 Yang berpredikat Afshohil kholaiqi
5. مُحَمَّـــدٍ وَالاَلِ وَاْلاَصْـــحَابِ  $  مَــنْ َاتْقَنُوا الْقُرْاَنَ بِاْلاِعْـــــرَابِ
Muhammad, Keluarga dan sahabatnya  #
 Mereka mengkaji al-Qur’an kitabya
6. وَبَعْدُ فَاعْلَمْ اَنهُ لمَــَّا اقْتَـــصَـرْ  $ جُلُّ اْلوَرَى عَلىَ اْلكَلاَمِ مُخْتَصَر
Setelah itu kini perhatikanlah !  #
 Ringkasan ulama’ ahli kalamiyah















Text Box: 26
135. فَتِئَ وَانْفَكَّ وَزَالَ مَــــــعْ بَــرِحْ  $  اَرْبَعُهَا مِنْ بَعْدِ نَفْيٍ تَتَّضِحْ
زال ¸انفك ¸فتئ  danبرح   #
 ke-empatnya setelah نَفِى  syaratnya
136. كَذَاكَ دَامَ بَـــــعْدَ مَا الظَّرْفِـيَّةْ  $  وَهْىَ التَّىِ َتكُوْنُ مَصْدَرِيَّةْ
Akhwatnya كان  terakhir ya’ni دام  #
 Setelahnya مَا مَصْدَرِيَةْ ظَرْفِيَةْ
137. وَكُلُّ ماَصَرَّفْتَهُ مِمَّا سَبَـــــــقْ  $  مِنْ مَصْدَرٍ وَغَيْرِهِ بِهِ اْلتَحَقْ
Begitu juga dengan tashrifnya كان  #
 Dan akhwatnya, semua amalnya sama.
138. كَكُنْ صَدِيْقًالاَ تَكُنْ مُجَـافِيَا $ وَانْظُرْلِِكَوْنِىْ مُصْبِحًامُوَافِيَا
Contohnyaكُنْ صَادِقًا  danكُنْ صَالِحًا   #
 Serta contohاُنْظُرْ لِكَوْنِى مُصْبِحًا 



Ilmu itu suci hanya mau masuk dan bertempat pada benda yang suci, maka sucikanlah dirimu dari segala hadast dan kotoran.

Biasakan berwudlu’, Tawadlu’, jujur dan waspada
dan berdzikir !Text Box: 3
13. نَظَمْتُهَانَظْمًا بَدِيــــْـعًا مُقْتَدِى    $   بِاْلاَصْلِ فِى تَقْرِيْبِهِ لِلْمُبْتَدِى
Bagi pemula, Rangkaian kitab ini  #
 Tampak indah sesuai dengan yang asli
14. وَقَدْ حَذَفْتُ مِنْهُ مَا عَنْهُ غِنَى $   وَزِدْتُهُ فَوَائِدًا بِهَـــــــا اْلغِنــَى
Mengurangi kata kadang kulakukan  #
 Serta menambah faidah kulakukan
15.مُتَمِّمًا لِغَـــالِبِ اْلاَبْــــــــــــــــوَابِ $   فَجَاءَ مِثْلَ الشَّرْحِ لِلْكِــتاَبِ
Karena menyempurnakan macamnya bab  #
 Maka terbit seperti syarahnya kitab
16. سُئِلْتُ فِيْهِ مِنْ صَدِيْقٍ  صَادِقِ   $   يَفْهَمُ قَوْلِى لاِقْتِقَادٍ وَاثِـــــقِ
Mengarang kitab ini terdorong teman  #
 Mereka paham karena keyakinan
17. اِذِ اْلفَتَى حَسْبَ اعْتِـــقَادِهِ رُفِع   $   وَكُلُّ مَنْ لـَمْ يَعْتَقِدْ لَـمْ يَنْتَفِعْ
Pemuda tergantung tekadnya yang kuat  #
 Tanpa tekad jelas tak dapat manfaat
18. فَــنَسْـــــأَلُ الْمَنَّانَ اَنْ يُــــــجِيـْرَنَا   $   مِنَ الرِّياَ مُضَاعِفًا اُجُوْرَناَ
Ya…..Mannan, ku hanya mohon kepada Mu  #
 Jauh riya, lipatkanlah pahalaku















Text Box: 2
7. وَكَانَ مَطْلُـــوْباً اَشَدَّ الطَّـلَبِ  $  مِنَ اْلوَرَىْ حِــفْظُ الِّسَانِ اْلعَرَبِى
Walau sulit ringkasan ini terbukti  #
 Menjaga lisan arab, ya..dari Ahli
8. كَىْ يَــــفْهَمُوْا مَعَانِيَ اْلــــقُرْاَنِ   $  وَالـــسُّنَةِ الــدَّقِـيْــقَةِ اْلمَـــــــعَانِى
Supaya dapat memahami artinya  #
 Al-Qur’an dan sunnah dengan sebenarnya
9. وَالنَّحْوُ اَوْلَى اَوّلاً  اَنْ  يُـعْلَمَا   $   اِذِ اْلكَـــــلاَمُ دُوْنَـــــهُ لَنْ يُــــــفْهَمَا
Ilmu nahwu lebih utama dikaji  #
 Tanpanya, Qur’an – sunnah tak dipahami
10. وَكَانَ خَيْرُ كُــتْبِهِ الصَّغِيْرَةْ   $  كُرَّسَةً  لَـــــطـِيْفَـــــةً شَـــــــهِيْـــرَةْ
Kitab ini kecil namun yang terbaik  #
 Goresan yang lembut, terkenal dan unik
11. فِى عُرْبِهَا وَعُجْمِهَا وَالرُّوْمِ  $   اَلـَّفَــــــــهَا الْحَـــــبـْرُ ابْنُ اَجُــرُوْمِ
Ibnu A-Jurumi pengarang dasarnya  #
 Terkenal di Arab dan Manca negara
12. وَانْتَفَعَتْ اَجِلَةٌ بِـــــــعْلِمِهَا   $   مَعْ مَاتَرَاهُ مِنْ لَطِـــــيْفٍ حَجْمِهَا
Ulama’ besar mengambil manfaatnya  #
 Rahasia ilmu ada di dalamnyaText Box: 27
َِّانَّ وَاَخْوَاتُهَا
139. تَنْصِبُ اِنَّ اْلمُبْتَدَااسْمًا وَاْلخَبَرْ  $  تَرْفَعُهُ كَكَانَ زَيْدًا ذُوْ نَظَرْ
ِانَّ  dan akhwatnya menashobkan isim  #
 Rafa’kan khobar:اِنَّ زَيْدًا ذُو عَيْنٍ 
140. وَمِثْـلُ ِانَّ اَنَّ لـَيْتَ فِى اْلعَـــــمَـلْ $  وَهَكَـــــــــذَا كَأَنَّ َلكِنَّ لَعَلْ
Seperti ليت , أن , ِانَّ    beramal  #
 Juga lafadl لعلْ , لكن , كأن 
141. وَاَكَّــدُوْا اْلمَعـْنـــَى بِـــاِنَّ اَنَّ  $  وَلَيْتَ مِنْ َالْــفَـاظِ مَـنْ تَــمَنــَّى
Faidah taukid bagi ان  dan ان  #
 Faidah tamanny bagiannya ليت 
142. كَأَنَّ لِلتَّسْبِيْحِ فِى اْلمُحَاكِى  $  وَاسْتَعْمَلُوْ لَكِنَّ فِى اسْتِدْرَاكِ
Faidah tasbih ya’ni lafadl كأن  #
 Dan faidah istidrok bagi لكن
143. وَلِتَّــــــرَجِّ وَتَّـــوَاقُّـــعٍ لَـــــعَلْ  $  كَقَوْلِهِمْ لَعَلَّ مَــــحْبــُوْبىِ وَصَــلْ
Lafadlلَعَلَّ   tunjuk faidah dua :  #
 Ya’niتَرَجِّى   danتَوَقُّعْ   rupanya

Memohonlah kebaikan kepada-Nya
Dan jangan sekali-kali meminta kejelekan !







                                                                    







Text Box: 4
19. وَاَنْ يَكُــوْنَ نَافـِــعًا بِعِــــــــلْمِهِ   $   مَنِ اعْتَنىَ بِحِفْــــــظِهِ وَفَهْمِهِ
Semoga mendapat manfaat ilmunya  #
 Orang yang sungguh menghafal memahamnya.


باب الكلام
20. كَلاَمُهُمْ لَفْظٌ مُفِيْدٌ مُسْــــــنَدُ   $   وَاْلكلــِْمَةُ اللَّفْظُ اْلمُفِيْدُ اْلمُفْرَدُ
Kalam nahwu : lafadl mufid serta musnad  #
 Kilmah adalah lafadl mufid yang mufrod
21. لاِسْمٍ وَفِعْلٍ ثُمَّ حَرْفٍ تَنْقَسِمْ  $   وَهَــــــذِهِ ثَـــــلاَثُهَا هِىَ اْلكَلِمْ
Isim, fi’il serta huruf; bagiannya  #
 Ketiganya terkenal kalim namanya
22. وَاْلقَوْلُ لَفْظٌ قَدْ اَفَادَ مُــطْلَقَا   $   كَــقُمْ وَقَـــدْ وَاِنَّ زَيْدَا نِارْتَقَى
Qaul adalah lafadl mufid yang mutlaq  #
 Seperti : اِنَّ زَيْدَا نِاْنطَلَقْ , قد , قم  
23.فاَلاِْسْمُ بِالتَّنْوِيْنِ وَالْخَفْضِ عُرِفْ $ وَحَرْفِ خَفْضٍ وَبِــــــلاَمٍ وَاَلِفْ
Tanda-tanda isim : Tanwin dan huruf jer  #
 Kemudian Alif-lam dan mutlaqnya jerText Box: 25
130. وَغَيْرُهُ فِى اَرْبَعٍ مَحْسُوْرُ  $  لاَغَيْرُ وَهْىَ الظَّرْفُ وَاْلمَجْرُوْرُ
Khobar ghoiru mufrod, Empat bagiannya  #
 Pertama : dorof, Jer majrur yang kedua
131. وَفَاعِلٌ مَعْ فِعْلِهِ الَّذِى صَدَرْ  $  وَالْمُبْتَدَامَعْ مَالَهُ مِنَ الْخَبَرْ
Ke-tiga Fi’il Fail ( Jumlah Fi’liyah)  #
 Akhir : mubtada’ khobar (Jumlah Ismiyah)
132. كَأَ نْتَ عِنْدِى وَاْلفَتَى بِدَارِى  $  وَابْنِى قَرَا وَذَا اَبُوْهُ قَارِى
Contoh : الفتى فى الدار , انت عندى 
 ابنى قرا  dan ذا أبوه  قارى


كان واخواتها
133. اِرْفَعْ بِكَانَ اْلمُبْتَدَا اسْمًا وَاْلخَبَرْ  $  بِهَا انْصِبَنْ كَكَانَ زَيْدٌ ذَا بَصَرْ
كان  dan saudaranya, rafa’kan isim  #
 Nashobkan khobar : كان زيدٌ ذَاعِلْمٍ
134. كَذَاكَ اَضْحَى ظَلَّ بَاتَ اَمْسَى  $  وَهَكَذَا أَصْبَحَ صَارَ لَيْسَ
Juga بات , ظل , أضحى  sertaامسى   #
 Seperti itu ليس , صار , أصبح















Text Box: 24
124. وَمِـــــثْلُهُ الـــزَّيْدُوْنَ قَـــــائِمُوْنَ  $  وَمـِنْـــهُ اَيــْـضًا قَــــائِمٌ اَخُوْنَا
Seperti lafadl زَيْدُوْنَ قَائِمُوْنَ  #
 Dan juga seperti قَاِئمٌ اَخُوْنَاَ
125. وَالْمُبْتَدَا اسْمٌ ظَاهِرٌ كَمَا مَضَى  $  اَوْ مُضـْـــمَرٌ كَأَنْتَ اَهْلٌ لِلْقَضَا
Mubtada’ dapat berupa isim dhohir  #
 Dan juga dapat berupa isim dhomir
126. وَلاَيَجُوْزُ اْلاِبْتِدَا بِمَــا اتَّصَلْ  $  مِنَ الضَّمِيْرِ بَلْ بِكُلِّ مَا اْنفَصَلْ
Mubtada’ tidak boleh dhomir muttashil  #
 Namun boleh dengan dhomir yang munfasil
127. أَناَ وَنَـــحــْنُ أَنتَ أَنتِ أَنتُــمَا $  أَنْتُنَّ اَ نْتُمْ وَهْوَ وَهْيَ هُمْ هُمَا
انت , انت , نحن , انا   dan انتما
 هما , هم , هى , هو , انتم , انتن
128. وَهُنَّ اَيْضًا فَالْجَمِيْعُ اثْنَا عَشَرْ  $  وَقَدْ مَضَى مِنْهَا مِثَالٌ مُـــــــعْتَبَرْ
Danهن   juga, Semua dua belas  #
 Contohnya انا قائم  dengan jelas
129. وَمُفْرَدًا وَغَـــيْرَهُ يَـــأْتِى اْلخــَبَرْ  $  فَاْلاَوَّلُ اللَّفْظُ الَّذِى فِى النَّظْمِ مَرّْ
Khobar terbagi dua : yang awal mufrod  #
 Yang ke-dua ya’ni  khobar ghoiru mufradText Box: 5
24. وَاْلفِعْلُ مَعْرُوْفٌ بِقَدْ وَالسِّيْنِ  $   وَتَاِءتَأْنِيْثٍ مَعَ التَّـــسْكِــــــيْنِ
  سين , قدdan تأ تأنيث  mati tanda fi’il  
 Dalam menandai bersikaplah adil
25. وَتَا فَعَلْتَ مُطْلقًا كَجِئْتَ لِى  $  وَالنُّوْنِ وَاْليَا فِى افْعَلَنَّ وَافْعَلِى
Fi’il dengan ta’ فعلت ditandai  #
 Kemudian nun  ِافْعَلَنْ , ya  ِافْعَـلِى
26. وَاْلحَرْفُ لمَ ْيَصْلُحْ لَهُ عَــــلاَمَةْ  $   اِلاَّ انْــــتِــفَا قُـــبُوْلِــهِ اْلـــــعَلاَمَةْ
Huruf adalah kalimat tanpa tanda  #
 Dalam kalimat isim dan fi’il juga


باب الاعراب
27. اِعْرَابُهُمْ تَغْيِيْرُآخِـــــــرِ اْلـكَلِمْ  $   تَقْدِيْرًا اَوْلَفْظًا لِـــــــــعَامِلٍ عُلِمْ
I’rob Ahli nahwu : Perubahan pada  #
 Akhir kalimat sebab amil berbeda
28. اَقْسَامُهُ اَرْبَعَةٌ فَاْلـــــتُعْتَـــــــبَرْ  $   رَفْعٌ وَنَصْبٌ وَكَذَا جَزْمٌ وَجَرْ
Dalam perkiraan ataupun lafadlnya  #
 Rafa’, Nashob, jer dan Jazem bagiannya















Text Box: 22
باب نائب الفاعل

114. أَقِمْ مَقَامَ اْلفَاعِلِ الَّذِى حُذِفْ  $  مَفْعُوْلَهُ فِى كُلِّ مَا لَهُ عُرِفْ
Fa’il terbuang digantikan maf’ulnya  #
 Contoh ُفتِحَ زَيْدٌ  , majhul fi’ilnya
115. َاوْ مَصْدَرًا اَوْظَرْفًا اَوْ مَـجْرُوْرَا  $  ِانْ لـَـمْ تَجِدْمَفْـــعُوْلَهُ اْلمَذْكُوْرَا
Diganti masdar, dhorof ataupun majrur  #
 Bila tidak ditemukan maf’ul madzkur
116. وَاَوَّلُ اْلفِعْلِ الَّذِى هُنَا يُــــضَمْ  $  وَكَـسْرُ مَا قَبْلَ اْلاَخِيْرِ مُلْتَزَم
Fi’il madhi majhul, awalnya didhommah  #
 Dan huruf sebelum akhirnya dikasroh
117. فِى كُلِّ مَاضٍى وَهْوَ فِى اْلمُضَارِعِ  $  مُنْفَتِحٌ كَــــــــيُدَّعَى وَكَادُّعِى
Fi’il mudhore’ majhul, awalnya dhommah  #
 Dan huruf sebelum akhirnya difathah
118. وَاَوَّلُ الْفِعْـــــــــلِ الَّذِى كَبَاعَ  $  مُنْكَسِرٌ وَهُوَ اَّلذِى قَدْ شَاعَا
Namun fi’il ajwaf, Contoh lafadl بَاعَ  #
 Majhulnya dikasroh awal jadi بِيْعَ

Awal dari kesuksesan adalah kesulitanText Box: 7
34. وَجَمْعِ تَأْنِيْثٍ كَـــــــــــمُسْلِمَاتِ   $   وِكُــــلِّ فِعْلٍ مُـــعْرَبٍ كَيَأْتِى
Dan jamak ta’nis, contoh :مسلماتُ    #
 Serta fi’il mudhore’ contoh :  يَسْكُتُ 
35. وَاْلوَاوُ فِى جَـــــــمْعِ الذُّكُوْرِ السَّالِمِِ  $   كَالصَّالِحُوْنَ هُمْ اُولُو اْلمَكَارِمِ
Jama’ mudzakar salim, Wawu rofa’nya  #
 Seperti  جاءَ الصَّالِحُوْنَ  contohnya
36. كَما اَتـَتْ فِى اْلخَمْسَةِ اْلاَسْمَاءِ $   وَهْىَ الَّتِى تَأْتِى عَلَى اْلوِلاَءِ
37. اَبٌ اَخٌ حَمٌ وَفُـــــوْ وَذُو جَــــرَى  $   كُلٌّ مُضَافًا مُفْرَدًا مُـــــكَبَّرًا
Juga bertempat pada Asma’ul khomsah  #
 ذو , فو , حم , اخ , اب  Jangan salah
Semua berlaku hanya dengan dasar  #
 Syarat; mudhof, mufrod dan juga mukabbar
38. وَفِى اْلمُثَنَّى نَـــحـْوُ زَيْدَا نِِاْلاَلِفْ  $   وَالنُّوْنُ فِى اْلمُضَارِعِ الَّذِى عُرِفْ
Isim tasniyah, Rofa’nya dengan alif  #
 Tanda nun di fi’il mudhore’ yang ta’rif
39. بِيَفْعَلاَنِ تَفْــــــعَـــلاَنِ اَنـْـتُــمَـا  $   وَيَفْعَلُوْنَ تَــفـْــــعَـلُوْنَ مَعْــــــهُمَا
Ya’ni lafadl يفعلان , تفعلان   #
 Serta lafadl  يفعلون تفعلون















Text Box: 6
29. وَاْلكُلُّ غَيْرَ اْلجَزْمِ فِى اْلاَسْمَا يَقَعْ  $   وَكُلُّهَا فِى اْلفِعْلِ وَاْلخَفْضِ امْتَنَعْ
Selain jazem I’rob isim semua  #
 Dan selain jer I’rob fi’il semua
30. وَسَائِرُ اْلاَ سْمَاءِ حَيْثُ لاَشِبَهْ  $   قَرَّبَهَا مِنَ الْحُرُوْفِ مُـــعْرَبَةْ
Isim dapat dihukumi mu’rob bila  #
 Dengan huruf dekatnya tidak serupa
31. وَغَيْرُ ذِى اْلاَسْمَاءِ مَبْنِيٌّ خَلاَ  $   مُضَارِعٍ مِنْ كُلِّ نُوْنٍ قَدْ خَلاَ
Fi’il ( lain mudhore’ ) mabni hukumnya   #
 Serta mudhore’ (  يفعلن , يفعلن  )


باب علامات الرفع
32. لِلرَّفْعِ مِنْهَا ضَمَّـــــــةٌ وَاوٌ اَلِفْ   $   كَذَاكَ نُوْنٌ ثَابِتٌ لاَمُنْحَذِفْ 
Tanda-tanda I’rob rofa’ ada empat  #
 Dhommah, wawu, alif, serta nun yang tetap
33. فَالضَّمُّ فِى اسْمٍ مُـــفْرَدٍ كَأَحْمَدُ   $   وَجَمْــــعِ تَكْسَيْرٍ كَجَاءَ اْلاَعْبُدُ
Dhommah bertempat pada isim yang mufrod  #
 Dan jamak taksir seperti yang dimurod.Text Box: 23
119. وَذَاكَ اِمَّا مُضْمَرٌ اَوْ مُظْهَرَ  $  ثَانِيْهِمَا كَــــــــــــيُكْرَمُ اْلـــــمُبَشِّرُ
Naib fa’il ada dua bagiannya  #
 Naib fa’il dhohir dan dhmir rupanya.
120. اَمَّا الضَّمِيْرُ فَهُوَ نَحْوُ قَوْلـِنَا  $  دُعِيْتُ اُدْعَى مَا دُعِى اِلاَّ اَناَ
Contoh pertama يكرم المبشر  #
 Contoh kedua دعيت   dan yang baru


باب مبتدأ والخبر
121. اَلـْمُبْتَـــدَا اسْــمٌ رَفْــــــعُهُ مُـــؤَبَّدُ$ عَنْ كُـلِّ لَفْظٍ عَامِلٍ مُجَرَّدُ
Mubtada’ itu Isim yang dirafa’kan  #
 Dari amil lafdy wajib disunyikan
122. وَاْلخَبَرُ اسمٌ ذُوْاارْتفَِاعٍ أُسْنِدَا  $  مُطَابِقًا فِى لَــــفْظِهِ لِلْمُبْتَدَا
Khobar itu isim marfu’ disandarkan  #
 Pada mubtada’nya, lafadl disamakan
123. كَقَوْلِنَا زَيْدٌ عَــــظِيْمُ الشَّـــــــانِ  $  وَقَــــــوْ لِنَــا الزَّيْدَانِ قََائِمَانِ
Lafadlزَيْدٌ عَظِيْمُ الثَّانِ   contohnya  #
 Sertaزَيْدَانِ قَائِمَانِ   serupa















Text Box: 8
40. وَتَفْعَلِيْنَ تَرْحَــــــــمِيْن حَالِى  $  وَاشْتَهَرَتَ بِالْخَمْسَةِ اْلاَفْعَالِ
Dan lafadlتَفْعَلِيْنَ    yang sangat mudah  #
 Terkenal dengan nama Af’alul khomsah.


باب علامات النصب
41.ِللنَّصْبِ خَمْسٌ وَهْيَ فَتْحَةٌ اَلِـــــفْ  $  كَسْرٌ وَياَءٌ ثُمَّ نُوْنٌ تَـنْحَذِفْ
Tanda I’rob nashob lima tanpa kurang  #
 Fathah, alif, kasroh, ya’, nun yang terbuang
42. فَانْصِبْ بِفَتْحٍ مَا بِــــضَمٍّ قَدْ رُفِــعْ  $  ِالاَّ كَــــهِنْدَاتِ فَفَتْحُهُ مُنِعْ
Yang rofa’nya dhommah, Nashob dengan fathah
 Kecualiهندات    dicegah fathah
43. وَاجْـــعَلْ لِنَصْبِ الْخَمْسَـــــةِ اْلاَسْماََ اَلِفْ  $  وَانْصِبْ بِكَسْرٍ جَمْعَ تَأْنِيْثٍ عُرِفْ
Asma’ul khomsah dengan Alif nashobnya  #
 Jama’ muannas salim, Kasroh nashobnya.
44. والنَصْبُ فِى الاِسْمِ الذِى قَدْ ثُنِيَا $ وَجَمْعِ تَذْكِيْرٍ مُصَحَحٍ بِيَا
Huruf ya’ tanda nashob isim tastniyah  #
 Dan jamak mudzakar salim tanpa salahText Box: 21
109. وَقَسَّمُوْهُ ظَاهِرًا اَوْمُضْــمَرًا  $  فَالظَّاهِرُ اللَّفْظُ الَّذِى قَدْ ذُكِرَ
Ulama’ membagi fa’il jadi dua  #
 Ya’ni Fa’il dhohir dan dhomir rupanya
110. وَاْلمُضْمَرُ اثْنَا عَشْرَ نَوْعًا قِسْمًا  $  كَقُمْتُ قُمْنَا قُمْتَ قُمْتِ قُمْتُمَا
Fa’il dhomir dua belas bagiannya  #
 , قمتِ , قمتَ , قمنا , قمتُdanقمتما 
111. قُمْتُنَّ قُمْتُمْ قَامَ قَامَتْ قَــامَا  $  قَامُوا وَقُمْنَ نَحْوُ صُمْتُمْ عَامًا
قامتْ, قام , قمتم , قمتن  dan قاما
  قمن , قاموا Serta lafadl صمتم عاما
112. وَهَذِهِ ضَــــمَائــِرٌ مُـــــتَّصِلَةْ  $  وَمِثْلُهَا الضَّــــــــمَائِرُ اْلمُنْفَصِلَةْ
Dhomir tadi disebut dhomir muttashil;  #
 Seperti itu juga dhomir munfasil
113. كَـــــــلَمْ يـَـــــقُمْ اِلاَّ اَنـَا وَاَنْتُمُ  $  وَغَيْرُ ذَيْنِ بِاْلقِـــــــــيَاسِ يُعْــــلَمُ
Contohلَمْ يَقُمْ اِلاَّ اَنْتُمْ وَاَنَا  #
 Serta samakanlah dengan yang lainnya.

Jaga diri dan berhati-hatilah ! di dunia fana ini tidak ada yang kekal abadi.















Text Box: 20
104. وَلْيَقْتَرِنْ بِالْفَا جَوَابٌ لَوْ وَقَعْ  $  بَعْدَ ْالاَدَاتِ مَوْضِعَ الشَّرْطِ اْمَتنَعْ
Membuat jawab dengan fa’ dibolehkan  #
 Setelah syarat, hukumnya ditentukan


باب مرفوعات الاسماء
105. مَرْفُوْعُ اْلاَسْمَا سَبْعَةٌ نَأْتِى بِهَا  $  مَعْلُوْمَةَ اْلاَسْمَاءِ مِنْ تَبْوِيْبِهَا
Berjumlah tujuh isim yang dirafa’kan  #
 Sebagaimana yang akan dijelaskan
106. فَاْلفَاعِلُ اْسمٌ مُطْلَقًا قَدِ اْرتَفِعْ  $  بِفِعْلِهِ وَاْلــــفِعْلُ قَبـْلَـهُ وَقَـــعْ
Fa’il adalah isim marfu’ pertama  #
 Isim yang terjadi setelah fi’ilnya
107. وَوَاجِبٌ فِى اْلـفِعْلِ اَنْ يُجَرَّدَا  $  اِذَالِــجَمْــعٍ اَوْ مُثَنىًّ أُسْنِدَا
Hukumnya Fi’il wajib mufrod ketika  #
 Rupa jamak atau tasniyah fa’ilnya
108. فَــقُلْ أَ تَـى الزَّيْدَانِ وَالزَّيْدُوْنَ  $  كَـــجَاءَ زَيْدٌ وَ يَــجـِى اَخُوْناَ
Contoh اتى الزيدان والزيدون  #
 Sepertiجاء زيد , يجىء اخونا Text Box: 9
45. وَاْلخَمْسَةُ اْلاَفْعَالِ حَيْثُ تَنْتَصِبْ  $  فَحَذْفث النُّوْنِ الرَّفْعِ مُطْلَقًا يَجِبْ
Af’alul khomsah, Nashobnya ditandai  #
 Dengan membuang nun rofa’ yang terjadi


باب علامات الخفض
46. عَلاَمَةُ الْخَفْضِ الَّتِى بِهَا انْضَبَطْ  $  كَسْرٌ وَ يَاءٌ ثُمَّ فَتْحَةٌ اَلِفْ 
Tanda I’rob jer( Tiga ) yang diterangkan  #
 Yaitu kasroh, Ya,, Fathah ditentukan
47. فاخفض بكسر ما من الاسما عرف  $  فى رفعه بالضم حيث ينصرف
Semua isim yang rafa’nya didhommah  #
 Selama munshorif maka jernya kasroh
48. وَاخْفِضْ بِيَاءٍ كُلَّ مَا بِهَانُصِبْ $  وَالْخَمْسَةُ اْلاَسمَا بِشَرْطِهَا تُصِبْ
Semua isim, Nashob ya’ : jernya juga  #
 Serta asma’ul khomsah dengan syaratnya.
49. وَاخْفِء بِفَتْحٍ كُلَّ مَا لاَ يَنْصَرِفْ  $  ِممَّا بِوَصْفِ الْفِعْلِ صَارَ يَتَّصِفْ
Isim Ghoiru munshorif difathah jernya  #
 Ya’ni isim bersifat fi’il jelasnya















Text Box: 18
93. وَافْتَتَحُوْا مُضَــــارِعًا بِـــــوَاحِدِ  $  مِنَ اْلحـُرُوْفِ اْلاَرْبَعِ الزَّوَائِدِ
Huruf awalnya Mudhore’; Mudhoro’ah  #
 Ya’ni huruf empat yang jadi zaidah
94. هَمْزٌ وَنُــــــوْنٌ وَكَــــــــذَا يَاءٌ وَتَا  $  يَجْمَعُهَا قَوْلِى اَ نـَيْـتُ يَا فَتَى
Yaitu : hamzah, nun, ya’ dan ta’ rupanya  #
 Terkumpul dalam kataانيت   saja
95. وَحَيْثُ كَانَتْ فِى رُبَاعِيٍّ تُضَمْ  $  وَفَتْحُهَا فِيْمَا سِوَاهُ مُلْتَزَمْ
Mudhore’ madhi rubai; awal dhommah  #
 Selainnya ruba’I maka difathah.


باب اعراب فعل المضارع
96. رَفْعُ اْلمُضَارِعِ الَّذِى تَــــــــــجَرَّدَا  $  عَنْ نَاصبٍ وَجَــــازِمٍ تَأَبَّدَا
Fi’il mudore’ mabni rafa’ selama  #
 Dengan (amil nashob, Jazem) tidak jumpa
97. فَانْصِبْ بِعَشْرٍ وَهِىَ اَنْ وَلَنْ وَكََىْ  $  كَذَا اِذَنْ اِنْ صُدِّرَتْ وَلاَمُ كَىْ
Amil nashob sepuluh ya’ni :كَىْ , لَنْ , اَنْ   #
 Kemudianِاذَنْ   dan juga  لام كىText Box: 11
55.وَالْجَزْمُ فِى اْلاَفْعَالِ بِالسُّكُوْنِ  $  اَوْحَذْفِ حَرْفِ عِلَّةٍ اَوْنُوْنِ
Tanda I’rob jazem dua, ( satu : sukun )  #
 ( Dua : membuang huruf illat atau nun )
56.فَحَذْفُ نُوْنِ الرَّفْعِ قَــــطْعًا يَلْزَمُ  $  فِى الْخَمْسَةِ اْلاَفْعَالِ حَيْثُ تُجْزَمُ 
Membuang huruf nun rofa’ dengan pasti  #
 Pada Af’alul khomsah, jazem terjadi.
57.وَبِالسُّكُوْنِ اجْزِمْ مُضَارِعًا سَلِمْ  $  مِنْ كَوْنِهِ بِحَرْفِ عِلَّةٍ خُتِمْ
Mudhore’ shoheh. Sukun tanda jazemnya  #
 Tanpa huruf illat pada akhirannya
58.اِمَّــــا بِــــوَاوٍ اَوْبِـــــيَاءٍ اَوْ اَلـِـــفْ  $  وَجَزْمُ مُعْتَلٍ بِهَا اَنْ تَنْحَذِفْ
Membuang wawu, Alif, Ya’ jadi tanda  #
 Jazemnya Mudhore’ yang mu’tal akhirnya
59.وَنَصْبُ ذِى وَاوٍ وَيَاءٍ يَــــظْـــهـَرُ  $  وَمَا سِــــوَاهُ فِى الثَّلاَثِ قَدَّرُ
Nashobya mu’tal wawu, Ya’ : dijelaskan  #
 Selain saat nashob diperkirakan
60.فنَحْوُ يَغْزُو يَهْتَدِى يخشى خُتِمْ   $  بـِعِــــلَّةٍ وَغَـْـُيُرهُ مِــنْهَا سَـــلِمْ
Contohيخشى , يهتدى , يغزو    akhirnya  #
 Huruf illat. ( Mudhore’ shoheh lainnya )















Text Box: 10
50.بِاَنْ  يَــحـُــــوْزَ اْلاِسْــمُ عِــلَّــتَيْنِ   $  اَوْ عِـــلَّـةً  تُــــغْنِى عَنِ اثْنَتَيْنِ
Dengan adanya isim yang beralasan  #
 Baik satu maupun dua alasan
51. فَأَلِفُ التَّاءْنِيْثِ اَغْنَتْ وَحْـــدَهَا  $  وَصِيْغَةُ اْلجَمْعِ اَّلذِى قَدِ اْنتَهَى
Satu alasan : alif ta’nist yang ada  #
 Sighot muntahal jumu’ yang juga sama
52. وَاْلعِلَّتَانِ اْلوَصْفُ مَعْ عَدْلٍ عُرِفْ  $  اَوْ وَزْنِ فِعْلٍ اَوْبِنُوْنٍ وَاَلِفْ
Dua alasan sifat bersama adil  #
 Tambahan ( alif-nun ) atau wazan fi’il
53. وَهَــــذِهِ الثَّـــلاَثُ تَمْنَـــعُ اْلــعَلَمْ  $  وَزَادَ تَرْكِيْبًا وَاَسْمَاءَ اْلعَجَمْ
Tiga hal bersama sifat juga alam  #
 Ditambah tarkib majzi dan asma’ ajam
54. كَذَاكَ تَأْنِيْثٌ بِمــَا عَـدَا اْلاَلِفْ  $  فَاِنْ يُضَفْ اَوْ يَأْتِى بَعْدَ اَلْ صُرِفْ
Dan Juga ta’nist. Jika ba’da Al-Ta’rif  #
 Dan jika dimudhofkan maka munshorif

باب علامات الجزمText Box: 19
98. وَلاَمُ جُحْدٍ وَكَـــــــــذَا حَتَّى وَاَوْ  $  وَاْلوَاوُ وَاْلفَا فِى جَوَابٍ قَدْ عَنَوْا
Laluواو , أو , حتى , لام جحد    dan فاء  #
 Yang dijadikan jawab oleh Ulama’
99. بِهِ جَوَابًا بَعْدَ نَــــفْيٍ اَوْ طَلَبْ  $  كَـــلاَتَرُمْ عِلْمًا وَتَــتْرُكَ الــتَّعَبْ
Ulama’ menjadikan wawu fa’ jawab  #
 Harus setelah  نفى  ataupun طلب 
100. وَجَزْمُهُ بِلَمْ وَلَمَّا قَدْ وَجَبْ  $  وَلاَ وَلاَمٍ دَلَّــتَا عَـــلَى الــطَّـلَبْ
Jazemnya mudhore’ denganلم   dan لما   #
 Serta denganلام أمر , لا نهى   juga
101. كَـــــذَاكَ اِنْ وَمَا وَمَنْ وَاِذْمَا  $  أَيٌّ مَــتَــــى أَيـــَّانَ اَيْنَ مَــــهْــمَا
Demikian juga  مَنْ , مَا , ِانْ  danاِذَّمَا   #
  , اين , ايان , متى , ايٌّdan  مهما
102. وَحَيْثُمَا وَكَــــــيْفَــمَا وَانــَّـى $  كَــاِنْ يَقُــــمْ زَيْدٌ وَعَمْــرٌ قُـــمْنَا
Kemudian انى , كيفما , حيثما   #
 Seperti contoh ان يقُمْ زَيْدٌ  قُمْنَا
103. وَاجْزِمْ بِاِنْ وَمَا بِهَا قَدْ اُلحِْقَا  $  فِعْلَيْنِ لَفْــظًا اَوْ مَحَـلاًّ مُطْلَقَا
ان  dan seterusnya jazemkan mudore’  #
 dua ; ya’ni : syarat dan jawab mudhore’















Text Box: 12
61. وَعِــــلَّةُ اْلاَسْــــمَاءِ يَاءٌ وَاَلِفْ  $  َفنَحْوُ قَاضٍ وَاْلفَتَى بِهَا عُرِفْ
Huruf illat ya’ dan alif bagi isim  #
 Sepertiقاضٍ   danفتىً   contoh isim
62. اِعْرَابُ كُلٍّ مِنْهُمَا مُقَـــــــــدَّرُ  $  فِيْهَا وَلَكِنْ  نَصْبُ  قَاضٍ يَظْهَرُ
I’robnya قاض   ,فتى     diperkirakan  #
 Tetapiقاض    nashobnya  dijelaskan
63. وَقَدَّرُوْا ثَـــلاَثَةَ اْلاَ قْـــــــــسَامِ  $  فِى اْلمِيْمِ قَبْلَ اْليَاءِ مِنْ غُلاَمِى
Perkiraan tiga I’rob pun terjadi  #
 Pada mim sebelum ya’ lafadl  غلامى
64. وَاْلوَاوُ فِى كَمُسْلِمِيَّ اُضْمِرَتْ  $  وَالنُّــــوْنُ فِى لَتُبْـــلَوُنَّ قُدِّرَتْ
Wawunya lafadlمُسْلِمِيَّ    disimpan  #
 Nunnya lafadlلَتُبْلَوُنَّ    diperkirakan


فصل
65. اَ لْــــمُعْرَبَاتُ كُــــــلُّهَا قَدْ تُعْرَبُ  $  بِاْلحَرَكَاتِ اَوْحُرُوْفٍ تُقْرَبُ
Semua isim yang mu’rob ditandai  #
 Dengan harokat atau huruf yang pastiText Box: 17
88. كَقَوْلِكَ ابْنِى وَابْنُ زَيْدٍ وَابْنُ ذِى  $  وَابْنُ الَّذِى ضَرَبْتُهُ وَابْنُ اْلبَذِى
Contohابن زيد , ابنى   dan  ابن ذى  #
 ابنُ الذى ُقلْتُهُ  danابن البذى 

باب الافعال
89. اَفْــعَـــالُهُمْ ثَـــلاَثَةٌ فِى اْلوَاقِــعِ  $  مَاضٍى وَفِعْلُ اْلاَمْرِ وَالْمُضِارِعِ
Kalimat Fi’il dapat dibagi tiga  #
 Fi’il madi, Amar, Mudhore’ rupanya
90. فَاْلمَاضِى مَفْتُوْحُ اْلاَخِيْرِ اِنْ قُطِعْ  $  عَنْ مُضْمَرٍ مُحَرَّكٍ بِـــهِ رُفِعْ
Fi’il madhi akhirnya difathah bila  #
 Sepi dari dhomir mutaharik rafa’
91. فَاِنْ اَتَى مَعْ ذَا الضَّــــمِيْرِ سُكِّنَا  $  وَضَمُّـــهُ مَعْ وَاوِ جَمْعٍ عُيِّنَا
Disukun bila bertemu dhomir rafa’  #
 Didhommah bila bertemu wawu jama’
92. وَاْلاَمــْرُ مَــبْنِيٌّ عَلَى السُّــكُوْنِ  $  أَوْ حَذْفِ حَرْفِ عِلَّةٍ اَوْنُوْنِ
Fi’il Amar mabni jazem ya’ni sukun  #
 Dan membuang huruf illat ataupun Nun

Tetap jaga hatimu dari penyakit duniawi















Text Box: 16
82. وَاُمِّ عَــــــــمْرٍ وَاَبِى سَـــعِـــيْدِ  $  وَنَحْــــوِ كَهْفِ الظُّلْمِ َوالرَّشِيْدِ
Laluام عمر   dan  ابو سعيد
 Juga lafadl  , كهفُ الظُّلْمِ  الرشيدِ
83. فَـــمَا اَتَى مِــــــنْهُ بِأُمٍّ اَوْبِـــأَبْ   $  فَكُنْيَةٌ وَغَيْــرُهُ اسْــمٌ اَوْ لَـقَبْ
Alam kuniyah اب , ام   awalnya  #
 Alam Asma’ atau Laqob selainnya
84. فَــمَا بِمَــــدْحٍ اَوْ بِــــذَمٍّ مُشْعِرُ  $  فَــلَــقَبٌ فَاْلاِسْـــــمُ مَالاَ يُشْعِرُ
Alam Laqob tunjuk puja atau cela  #
 Tanpa tunjukkan, alam Asma’ namanya
85. ثَالِـثُــــهَا ِاَشــارَةٌ كَــــذَا وَذِى   $  رَاِبِعُهَا مَوْصُوْلُ اْلاِسْمِ كَالَّذِى
Ke-tiga Isim Isyaroh; Contohnya  ذى  #
 Ke-empat Isim maushul;  contoh الذى 
86. خَامِسُهَا مُعَرَّفٌ بِحَــــرْفِ أَلْ  $  كَمَا تَـــقُوْلُ فِى مَحَلٍّ نِالْمَحَلْ
Ke-lima Isim yang makrifat dengan ال   #
 Contoh dari مَحَلٌّ jadi  َاَلْمَحَلْ
87. سَادِسُهَا مَا كَانَ مِنْ مُضَافِ  $  لِـوَاحِـــــدٍ مِنْ هَذِهِ اْلاَصْنَافِ
Ke-enam, ya’ni isim yang dimudhofkan  #
 Pada isim makrifat yang yang disebutkanText Box: 13
66. فَاْلاَوَّلُ اْلقِسْمَيْنِ مِنْـــــهَا اَرْبـَــعُ  $  وَهيَ الَّتِى مَرَّتْ بِضَــمٍّ تُرْفَعُ
Empat bagi awalnya dua bagian  #
 Ditandai dhommah saat dirofa’kan.
67. وَكُلُّ مَا بِضَمَّـــــــةٍ قَــدِ ارْتَفَـــــعْ  $  فَنَصْــــــبُهُ بِالْفَتْحِ مُطْلَقًا يَقَعْ
Setiap isi yang rafa’nya didhommah  #
 Maka saat nashobnya harus difathah
68. وَخَفْضُ ْالاِسْمِ مِنْهُ بِالْكَسْرِ اْلتُزِمْ  $  وَاْلفِعْلُ مِنْهُ بِالسُّكُوْنِ مُنْـــجَزِمْ
Isim tesebut dengan kasroh, dijerkan  #
 Fi’il shoheh dengan sukun dijazemkan.
69. لَكِنْ كَهِنْدَاتِ ِلنَـــصْبِهِ انْكَسَرْ  $   وَغَيْرُ مَصْرُوْفٍ بِفَتْحَةٍ يُجَرّْ
Namun contohهِنْدَاتٌ   nashobnya kasroh  #
 Dan isim ghoiru munshorif jernya fathah.
70. َوكُلُّ فِعْلٍ كَانَ مُعْتَــــــــــلاَّجُـزِمْ  $بِحَدْفِ حَرْفِ عِلَّةٍ كَمَا عُلِمْ 
Setiap fi’il mu’tal tentu jazemnya  #
 Dengan membuang huruf illat  tandanya
71.وَاْلُمعْرَباَتُ بِالْــحُـــــرُوُفِ اَرْبـَعُ  $  وَهِىَ ْالمُثَنَّى وَذُكُوْرٌ تُجْــــمَعُ
Mu’rob dengan huruf ( empat bagiannya )  #
 Tastniyah dan jama’ mudzakar rupanya















Text Box: i
MUQODDIMAH

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله محمد وعلى اله وصحبه ومن تبعهم باحسان الى يوم القيامة. 

Alhamdulillah, kitab ini yang diberi nama “ AL-MIFTAH “ telah dapat kami selesaikan, tidak lain kami bertujuan membantu para pemula dalam mempelajari ilmu nahwu yang merupakan ilmu dasar dalam mendalami dan memahami Al-qur’an dan Hadist serta kitab-kitab lainnya. 

Tidak menutup kemungkinan didalam kitab ini masih terdapat kekeliruan, oleh karenanya kepada para pembaca, kami tetap menerima kritik saran demi perbaikan selanjutnya.

Kami berharap semoga kitab mungil ini, dapat bermanfaat selamanya serta mendapatkan ridho dari Alloh SWT. Amin.

Kebunagung, 27 januari 2008
Penulis


MUWAFIQUS SHOBRIText Box: Catatan :















Text Box: 14
72. جَمْعًا صَحِيْحًا كَالْمِــــثَالِ اْلخَا ِلى  $  وَخَمْسَةُ اْلاَسْـمَاءِوَاْلاَفْعَالِ
Dengan jama’ yang shoheh contohnya sudah  #
 Lalu  Asma’ul khomsah, Asma’ul khomsah
73. اَمَّااْلمُثَنَّى فَلِــرَ فْعِــــــهِ ْالاَلــــــِفْ  $  وَنْصبُهُ وَجَرُّه ُبِاْليَا عُـــرِفْ
Isim tastniyah dengan alif rofa’nya  #
 Dengan huruf ya’ saat nashob dan jernya
74. وَكَاْلمُثَنَّى اْلجَمْعُ فِى نَصْبٍ وَجَرْ  $  وَرَفْعُهُ بِاْلوَاوِ مَرَّ وَاسْتَــــقَرْ
Jama’ seperti tasniyah, nashob - jernya  #
 Dengan wawu, Jama’ ketika rafa’nya
75. وَاْلخَمْسَةُ اْلاَسْمَاكَهَذَاْلجَمْـــــعِ  فِى  $  رَفْعٍ وَخَفْضٍ وَانْصِبَنَّ بِاْلاَلِفْ
Seperti jama’, tanda Asma’ul khomsah  #
 Saat rofa – jer, namun alif nashobnya.
76. وَاْلخَمْسَةُ اْلاَفْعَالِ رَفْعُهَا عُـرِفْ  $  بِنُوْنِهَا وَفِى سِوَاهُ تَنْحَـذِفْ
Dengan nun, Af’alul khomsah saat rofa’  #
 Dengan membuang nun saat lain rofa’

Bekerjalah seakan kau hidup selamanya
Beribadahlah seakan kau besok tiadaText Box: 15
باب النكرة والمعرفة
77. وَاِنْ تُرِدْتَعْرِيْفَ اْلاِسْمِ النَّكِرَةْ  $  فَهُـــوَ الَّذِى يـَقـْــــبَلُ أَلْ مُــئَثِّرَةْ
Pengertian dari isim yang nakiroh   #
 Isim yang menerima Al muassiroh
78. وَغَيْرُهُ مَعَارِفٌ وَتُخْـــــــــصَرُ  $  فِى سِتَّةٍ فَاْلاَوَّلُ اسْمٌ مُــضْمَرُ
Selain nakiroh, makrifat namanya   #
 Enam macam : Isim dhomir yang pertama
79. يُكْنَى بِهِ عَنْ ظَاهِرٍ فَيَنْتَـــمِى  $  لِلْغَيْبِ وَالْحُضُوْرِ وَالتَّــــــكَلُّمِ
Isim dhomir ganti dari isim dhohir  #
 Tunjuk arti ghoib, mutakalim hadir
80. وَقَسّـــــمُوْهُ ثَانِيًا لمُِتَّـــــــــــصِلْ  $  مُسْتَتِرٍ اَوْبَارِزٍ اَوْ مُنْــــــــفَصِلْ
Isim dhomir, dua : pertama muttashil  #
 Mustatir dan bariz, ke-dua Munfashil
81. ثَانِى اْلمَعَارِفِ الشَّهِيْرُ بِاْلعَلَــمْ  $  كَجَعْفَرٍ وِمَِــكَّةٍ وَكَالْـــــــــحَرَمْ
Isim makrifat ke-dua isim ‘alam  #
 Contohnya جعفر  مكة  ,  dan  حرم

Milikilah otak London (cerdas)
hati masjidil haram (taqwa)














Text Box: ii
HIMBAUAN
1. Ketika akan memulai belajar bacalah بسم الله الرحمن الرحيم dan bacalah tawashul kepada Nabi SAW, para Auliya’, kedua orang tua serta muallif kitab ini.
2. Ingat bahwa ini adalah baru kitab dasar maka harus terus berusaha untuk mendalami yang lebih tinggi.
3. Jadikan ilmu sebagai sahabat setiamu dan Guru yang benar sebagai panutanmu.
4. Berusahalah untuk senantiasa memperluas wawasan menambah pengalaman meningkatkan iman serta melaksanakan kebaikan.
5. Jangan menyombongkan diri dengan ilmu yang kita miliki. Text Box: Catatan :




















Plaque: 1



Plaque: 1
Text Box: وَالنَّحْوُ اَوْلَى اَوّلاً  اَنْ  يُـعْلَمَا $
اِذِ اْلكَـــــلاَمُ دُوْنَـــــهُ لَنْ يُــــــفْهَمَا
Ilmu nahwu lebih utama dikaji  #
Tanpanya, Qur’an – Sunnah tak dipahami


Tentang Penulis

Muwafiqus Shobri, Lahir di Palem-
bang, pada tgl 13  Agustus  1987-
hingga saat ini beliau masih terus
berusaha untuk senantiasa me ningkatkan kualitas diri melalui dunia tulis menulis yang sudah beliau gemari sejak masih duduk di bangku MTs kelas VII (tujuh). Beliau nyantri di PPs. Darul Hikmah Meulaboh Aceh Barat (s/d th. 1999) kemu dian melanjutkan ke PPs. Miftahurrosyad Lamongan (s/d th. 2006) dan sekarang (‘09) khidmah di PPs. Hasan Jufri Bawean Gresik.Text Box: المفتاح
فى ترجمة العمرطى
من متن الاجرومية

كتبه
الفقير الطالب موافق الصبر








يطلب من
المعهد الاسلامى " حسن جفرى " باويان















Text Box: وَالنَّحْوُ اَوْلَى اَوّلاً  اَنْ  يُـعْلَمَا $
اِذِ اْلكَـــــلاَمُ دُوْنَـــــهُ لَنْ يُــــــفْهَمَا
Ilmu nahwu lebih utama dikaji  #
Tanpanya, Qur’an – Sunnah tak dipahami


Tentang Penulis

Muwafiqus Shobri, Lahir di Palem-
bang, pada tgl 13  Agustus  1987-
hingga saat ini beliau masih terus
berusaha untuk senantiasa me ningkatkan kualitas diri melalui dunia tulis menulis yang sudah beliau gemari sejak masih duduk di bangku MTs kelas VII (tujuh). Beliau nyantri di PPs. Darul Hikmah Meulaboh Aceh Barat (s/d th. 1999) kemu dian melanjutkan ke PPs. Miftahurrosyad Lamongan (s/d th. 2006) dan sekarang aktif khidmah di PPs. Hasan Jufri Bawean Gresik.Text Box: المفتاح
فى ترجمة العمرطى
من متن الاجرومية

كتبه
الفقير الطالب موافق الصبر








يطلب من
المعهد الاسلامى " حسن جفرى " باويان















Tidak ada komentar:

Posting Komentar